Minggu, 21 Agustus 2011

Gerbang LOD, tempat penaklukan Dajjal

Sumber : harian Republika, 21 Agustus 2011 halaman C3

Pada akhir jaman nanti akan turun Dajjal ke muka bumi ini. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda "ketika aku bermimpi melakukan thawaf di Ka'bah. Lalu ada seorang berambut lebat yang meneteskan air dari kepalanya, lalu aku tanyakan siapakah ini? Mereka menjawab "Ibnu Maryam 'alaihi sallam". Kemudian aku berpaling dan melihat seorang laki-laki yang gemuk, berkulit merah, berambut keriting, matanya buta sebelah, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak (tak bersinar). Mereka menjawab "ini dajjal". Dia ini adalah orang yang paling mirip dengan Ibnu Qathn, seorang laki-laki dari Khuza'ah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis lain disebutkan "Lalu turunlah Isa bin Maryam di menara pintu Damaskus. Isa menemukan Dajjal di pintu Lod kemudian membunuhnya." (HR. Abu Daud).

Dari Mujami bin Jariyah al-Anshari RA, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"Sesungguhnya Isa bin Maryam akan membunuh Dajjal di Bab Lud (Gerbang Lod)," (HR. Ahmad. Turmudzi, dan Nu'aim bin Hamad).

"Tidak ada satu kafirpun yang masih hidup, semuanya terbunuh. Lalu Isa berhasil menyusul Dajjal di pintu Lod dan membunuhnya. Lalu beberapa kaum muslimin diselamatkan Allah ke hadapan Isa bin Maryam. Ia mengusap wajah mereka dan memberitahukan kedudukan mereka di surga." (HR. Muslim, Ahmad, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah dan Hakim).

Dalam hadis di atas diungkapkan bahwa Dajjal akan dikalahkan Nabi Isa 'alaihi sallam di Gerbang Lod, Dimanakan letaknya? Menurut Dr. Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Hadith al-Nabawi, Lod atau Gerbang Lod adalah kota yang terletak di dekat Baitul Maqdis atau Elia di Palestina dekat Ramalah. "Dahulu rombongan kafilah dari Syam (Suriah) yang menuju Mesir singgah di kota ini, begitu juga sebaliknya," ujar Dr. Syauqi.

Tidak ada komentar: