Senin, 15 November 2010

Perbedaan penetapan hari Idul Adha 1431 H/2010 M di Indonesia

Dalam menetapkan hari Idul Adha 1431 H di Indonesia, pemerintah dan Nahdlotul Ulama atau NU sama-sama menggunakan metode rukyah, sedangkan Muhammadiyah menggunakan metode hisab melalui metode wujudulhilal. NU pada perhitungan rukyah penetapan harinya bisa berbeda dengan perhitungan pemerintah, karena disebabkan pemerintah menetapkan rukyah imkan al-rukyah. Perhitungan imkan al-rukyah adalah apabila ketinggian hilal mencapai 2 derajat barulah akan dianggap memasuki bulan baru. Sedangkan yang dimaksud wujudulhilal yang dipergunakan oleh Muhammadiyah, adalah bulan baru dianggap sudah lahir apabila hilal sudah menampakkan wujudnya.

Masih ada perhitungan dari penetapan hari raya oleh organisasi massa yang lain. Misalnya menggunakan pedoman dari Arab Saudi, untuk mengikuti pedoman hari raya sesuai yang diputuskan oleh pemerintah Arab Saudi. 0rang-orang dalam kelompok kecil di daerah tertentu ada yang menetapkan hari raya bisa beberapa hari selisihnya dibandingkan pemerintah dengan perhitungan versi mereka yang mereka yakini.

Untuk Idul Adha 1431 H ini, atau pada tahun 2010 M, perbedaan penetapan adalah dilihat dari data Hilal 6 November 2010.

Penetapan hari Idul Adha 1431 H
Muhammadiyah    : Selasa, 16 November 2010
Nahdlotul Ulama   : Rabu, 17 November 2010
Pemerintah           :  Rabu, 17 November 2010 
Saudi Arabia        :  Selasa, 16 November 2010

Catatan,  topik tentang ini bisa dilihat di detik.com : http://bit.ly/aYV72a

4 komentar:

waroeng ubuntu mengatakan...

bukannya arab saudi itu selasa yah? bingung juga, tapi aku ikut sholat yang selasa hari ini, ijtihad saja dari diskusi/situs internet :)

Ami mengatakan...

Mas, ini salah ketik. Bener selasa, 16 November. Selasa bener, cuman tanggal rabunya lupa di ganti. Waktu nulis artikel ini prediksinya Saudi 17 November. ma kasih infonya

om rame mengatakan...

ouw ini toh yang dibicarakan di bLog saya. hehehehe....
enggak apa2 Mbak, mungkin karena terLaLu fokus nyimak tuLisan saya jadi saLah penyampaian komentar deh.

Ami mengatakan...

Iya om rame... hehehehe...